Jumat, 26 November 2010

STATISTIKA : Penyajian Data

Kamu pasti pernah mempelajari penyajian dalam bentuk tabel, adapun ada bentuk penyajian data dalam bentuk lain yakni diagram, meliputi diagram batang, diagram lingkaran, dan diagram baris. Yuuk kita pelajari karakteritik dari masing-masing diagram.

Pertama: Diagram Batang

Diagram yang memiliki kegunaan untuk membandingkan frekuensi. Diagram batang ini cara menyajikan datanya dalam bentuk batang-batang. Tiap batang lebarnya sama, sedangkan tinggi batang menyatakan frekuensi dari data yang bersangkutan. Untuk membuat diagram batang diperlukan sumbu mendatar dan sumbu tegak yang berpotongan tegak lurus. Sumbu mendatar (horizontal) menunjukkan jenis kategorinya, sedangkan sumbu tegak (vertikal) menunjukkan frekuensinya. Skala sumbu mendatar tidak harus sama dengan skala sumbu tegak. Letak batang yang satu dengan yang lain dibuat terpisah.  Contoh banyak siswa tiap kelas, banyak nya panen tiap taun, atau lama kegiatan tiap anggota keluarga

Kedua : Diagram Lingkaran

Diagram Lingkaran menyatakan bagian dari keseluruhan jika data dinyatakan dalam persen dengan jumlah total adalah 100%. Penyajian data dilakukan dengan menggunakan lingkaran. Data disajikan dengan menggunakan juring atau sektor, di mana besar sudut pusat dari juring sesuai dengan perbandingan setiap data terhadap keseluruhan data. Contoh banyak pemilih calon ketua kelas, banyak siswa laki-laki dan perempuan atau presentase jenis music kesukaan dalam suatu kelas.

Ketiga : Diagram Baris
Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data yang diperoleh dari waktu ke waktu secara teratur dalam interval waktu tertentu. Diagram garis digunakan untuk mengetahui pertumbuhan/perkembangan suatu hal secara kontinu. Contohnya antara lain perkembangan berat badan bayi tiap bulan, tinggi badan tiap taun, atau jumlah penduduk tiap tahun.


Jika kalian mempunyai suatu data dan akan menyajikannya dengan diagram, maka kalian harus memilih diagram yang cocok untuk menyampaikan ide tersebut. Apakah diagram tersebut sesuai dengan jenis data sehingga dapat menyampaikan ide yang kamu sampaikan?
Selamat mencoba…!!


Sumber : Sulaiman R, dkk. 2008. Matematika SMP/MTs Kelas IX Edisi 4.  Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
                    http://www.crayonpedia.org/mw/Statistika_9.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar